Kapolres Bitung Ingatkan Hati-Hati dengan Berita HOAX

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK, MH mengajak masyarakat Kota Bitung untuk sama-sama melawan dan menjadi anti virus serta vaksin penyebaran berita HOAX. Hal tersebut disampaikannya sebagai pemberi materi dalam acara Seminar di Gereja Tasik Wangurer Bitung, Sabtu (18/3/2017) sekira pukul 13.30 wita.

Seminar tersebut bertemakan “Peranan Warga Gereja dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan sebagai Wujud Bela Negara, Menangkal Berita Hoax, Penyalahgunaan Narkoba serta Peranan Warga Gereja dalam Mensukseskan Program Pemerintah Kota Bitung menuju Bitung Hebat”.

Dijelaskan Kapolres, Berita HOAX saat ini sudah mewabah dimana-mana bahkan sudah menjadi masalah nasional yang mengancam gangguan keamanan, instabilitas politik serta perpecahan yang bepotensi menghambat pembangunan nasional. Berdasarkan hasil survey Channel penyebaran berita HOAX lewat sosial media mencapai angka paling tinggi yaitu 92,40 %, disusul apalikasi chatting 63,80 % dan situs-situs website 34,90 % yang meliputi bidang sosial politik, isu sara, kesehatan, makanan dan minuman, penipuan keuangan, iptek, berita dunia, candaan, bencana alam sehingga memicu kepanikan dan penipuan publik.

Menurutnya, berita HOAX adalah kabar palsu atau berita bohong yang sengaja dibuat, biasanya diawali dengan kata-kata sugestif, menghebohkan dan mustahil terjadi serta banyak ditemukan dalam bentuk email, broadcast, hingga SMS. Hoax tidak muncul di media-media massa dan hanya diketahui lewat pesan berantai serta ciri-ciri berita HOAX banyak ditulis dengan huruf kapital dan tanda seru.

Untuk itu masyarakat diimbau serta diajak memerangi penyebaran berita Hoax dengan memeriksa ulang judul berita provokatif, meneliti alamat situs website, membedakan fakta dengan opini, cermat membaca korelasi foto dan caption yang provokatif.

Dalam seminar tersebut juga turut dihadiri Kepala BNN Provinsi Sulut Brigjen Pol Charles H. Ngili. MH, Asisten Teritorial Kodam 13 Merdeka Kolonel Inf. Drs. Theo Kawatu. SIP, Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, Sekertaris Daerah Kota Bitung Audi Pangemanan. AP. MAP, Asisten 1 Pemkot Bitung Octovianus W. C. Tumundo, Dandim 1310 Bitung Letkol. Inf Deden Hendayana, Kepala BNN Kota Bitung Dr. Tommy Sumampouw, Ketua FKUB Kota Bitung Pdt. Frangky Kalalo, para Kasat jajaran Polres Bitung serta jemaat Gereja Tasik Wangurer Bitung.

Penulis: Pri
Editor: Umi Fadillah
Publish: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password