Cara Unik ini Ternyata Cukup Efektif membuat Mereka Jera

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Ipda Kusnun adalah salah satu perwira terbaik yang dimiliki oleh Polres Trenggalek. Meskipun menjabat sebagai Wakapolsek Durenan Polres Trenggalek, Ipda Kusnun tak segan-segan turun langsung ke lapangan atau membaur dengan anggotanya.

Setiap hari, ia berangkat lebih pagi dari rumahnya untuk melaksanakan tugas pos penggal pagi di jalan protokol Durenan. Seperti halnya petugas lainnya, ia juga mengatur lalu lintas dan membantu menyeberangkan anak-anak sekolah.

“Memberikan pelayanan masyarakat itu sudah menjadi kewajiban Polisi dari pangkat tertinggi hingga terendah. Jadi ya enjoy saja”, ujar Ipda Kusnun.

Tak jarang, saat bertugas ia pun harus rela kepanasan di bawah terik matahari ataupun basah karena kehujanan.

“Sudah menjadi resiko tugas, yang terpenting tetap memberikan yang terbaik bagi masyarakat”, tegasnya.

Disisi lain, naluri sebagai seorang polisi selalu terbawa ke manapun ia pergi. Saat melihat beberapa pelajar sekolah yang mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm, Ia pun bergegas menghentikan dan memberikan teguran.

“Sudah bukan zamannya lagi Polisi arogan, teguran pun harus humanis. Kalaupun menghukum harus yang bersifat edukasi”, ucap Ipda Kusnun.

Agar tak mengulangi perbuatan mereka, Ipda Kusnun pun meminta para pelajar yang kedapatan melanggar lalu lintas ini dengan cara meminta mereka menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya dan Garuda Pancasila.

Cara unik ini ternyata terbukti cukup efektif membuat mereka jera. Ipda Kusnun menuturkan, saat berjumpa kembali dengan para pelajar tersebut sudah menggunakan helm bahkan menyempatkan diri berhenti dan menyapanya.

“Lucu juga, saya kira ada apa mereka berhenti di depan saya, ternyata cuman menyapa dan salim (berjabat tangan dengan mencium tangan, red)”, kenangnya.

Penulis : Ady

Fotografer : Kusnun

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password