Pelestarian Budaya di Solo : Pagelaran Wayang Kulit di Joglo Sriwedari Polsek Laweyan Lakukan Pengamanan

IMG-20170319-WA0069

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Kehidupan masyarakat Kota Surakarta tak bisa dipisahkan dari unsur kesenian dan budaya. Upaya untuk melestarikan kesenian dan budaya warisan leluhur masih sangat kental terasa. Salah satu contohnya adalah dengan digelarnya pentas Wayang Kulit secara rutin 3 kali dalam setahun. Seperti pada hari Sabtu tanggal (18/032017) mulai pukul 20.00 s.d 03.00 WIB bertempat di Joglo Sriwedari, Komplek Sriwedari Jl. Slamet Riyadi Kel. Sriwedari Kec. Laweyan Surakarta telah berlangsung acara Pentas Wayang Kulit dengan lakon “Begawan Ciptoning” dengan dalang Ki Dipa Bagas Mahardika dari SMP Negeri 8 Surakarta  dan Ki Sunarno, S.Pd dari Pawiyatan Pedalangan Surakarta. Acara yang di hadiri oleh sekira 500  orang ini sebagai penanggungjawab kegiatan adalah Dinas Kebudayaan Kota Surakarta.
Hadir dalam acara tersebut para pejabat Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, dan pejabat Muspika koordinator, diantaranya :
1. Tutik Mulyani, Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Surakarta.
2. Vero Ekawati, Kabid Kesenian dan Sastra Kota Surakarta.
3. Esti Sundari, Kasi Pelestarian dan Pengembangan Budaya Kota Surakarta.
4. Sudianto, Bidang Pelestarian Budaya Kota Surakarta.
5. Kompol Saprodin SH MH, Kapolsek Laweyan.
6. Camat se-Surakarta.
7. Lurah se Surakarta.
8. Pok Darwis tingkat Kecamatan.
9. LPMK.
10. SKPD terkait.
Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Surakarta Tutik Mulyani menyampaikan, “Wayang merupakan warisan yang adiluhung, maka dari itu kita harus melestarikannya karena merupakan warisan budaya. Pemerintah Kota Surakarta sangat mendukung dalam membangun nilai-nilai yang terkandung dalam budaya wayang.”. Pentas Wayang Kulit ini dapat terselenggara dengan lancar dan tertib karena dalam kegiatan tersebut dilakukan pengamanan oleh petugas dari Polsek Laweyan.

IMG-20170319-WA0070

Kapolsek Laweyan Ikut lesehan

Kapolsek Laweyan Kompol Saprodin, SH, MH yang berada di lokasi, disamping sebagai tamu undangan, juga sekaligus memimpin pengamanan Pentas Wayang Kulit di Joglo Sriwedari dengan kekuatan 5 personil, terdiri dari 2 personil dari Unit Shabara, 2 personil dari Unit Intelkam, dan Bhabinkamtibmas Kel. Sriwedari.
Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadhila
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password