Kedekatan Emosional untuk Menumbuhkan Simpati dan Empati

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Di seputaran Desa Watulimo Trenggalek, nama Bripka Agung sudah tidak asing lagi. Sebagai seorang Bhabinkamtibmas, Bripka Agung kerap sambang desa dan ikut bergabung dengan warga saat mengadakan kegiatan sosial.

Ia juga dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul dengan siapa saja. Gaya bahasa yang apa adanya membuat Bripka Agung mudah diterima oleh semua kalangan. Dalam beberapa kesempatan ia juga tak gengsi ngopi di warung kecil ataupun sekedar nongkrong di pinggir jalan bersama pemuda sekitar.

Kedekatan emosional yang sudah terbangun inilah yang menumbuhkan simpati dan empatinya terhadap warga yang membutuhkan. Hal tersebut dibuktikan saat ia berkunjung ke rumah salah satu warga bernama Mbah Paidi. Rumah Mbah Paidi hanya terbuat dari anyaman bambu sederhana. Di teras rumahnya terdapat satu lincak (tempat duduk dari bambu, red) yang berasal dari dipan bekas.

Kondisi ekonomi Mbah Paidi yang serba kekurangan memantik rasa simpati Bripka Agung untuk sekedar membantu meringankan bebannya. Sebuah kotak berisi sembako dan kebutuhan sehari-hari ia serahkan kepada Mbah Paidi.

Mbah niki kagem njenengan, namung kedik mbah, mugi saget mbantu njenengan (kek, ini untuk kakek, hanya sedikit kek semoga bisa membantu)”, ujar Polisi yang sehari-hari berdinas di Polsek Watulimo Polres Trenggalek ini.

Kepedulian yang diperlihatkan oleh Bripka Agung  tersebut merupakan gambaran betapa Polri sangat mengayomi warganya. Tak ada kata tak bisa selama kita berniat dengan tulus ikhlas membantu seperti program Polisi Peduli Sesama atau P2S yang terus digencarkan oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si.

Penulis : Ady
Fotografer : Agung
Editor : Umi Fadilah
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password