Kapolda Sulut Apresiasi Terbentuknya Komunitas Sains (Puasa Senin-Kamis) Sulut

 

IMG_2822

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Drs. Bambang Waskito mengapresiasi terbentuknya Komunitas Sains (Puasa Senin-Kamis) di Sulawesi Utara. Dimana komunitas ini merupakan kumpulan orang-orang yang melaksanakan puasa Sunnah Senin dan Kamis dan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

Pada acara buka puasa Sunnah bersama, Kamis (16/3/2017) di Mesjid Nurul jihad Mapolda Sulut, Kapolda Sulut yang diwakili Direskrimsus Polda Sulut Kombes Pol Dedi Sofiandi mengatakan sangat senang berada di Sulawesi Utara karena penuh dengan kehangatan, keramahan, jalinan ukhuwah dan saling menghargai antar umat beragama sangat dijunjung tinggi.

“Puasa dapat melatih orang menjadi rendah hati dan bersabar, puasa salah satu cara melatih kesabaran, melaksanakan ketaatan, meninggalkan kemaksiatan dan sabar dalam menghadapi ujian,” jelasnya.

Beliau menjelaskan contoh kesabaran dalam keseharian misalnya tertib berlalu lintas jangan ugal-ugalan di jalan, sabar dalam berlalulintas agar tidak menyebabkan kecelakaan. Begitu halnya dengan sabar dalam meninggalkan kemaksiatan seperti kebiasaan tawuran, miras, narkoba, perjudian dan prostitusi.

Menurutnya puasa biasanya identik dengan bulan Ramadhan tapi di Mesjid Nurul Jihad Polda, banyak orang berbondong-bondong datang untuk melaksanakan buka puasa Senin-Kamis.

”Sunguh ini hal yang luar biasa karena hanya di Sulut ini, saya melihat orang melaksanakan puasa Sunnah dan melaksanakan buka uasa secara berjamaah,” ujarnya.
Beliau merasa senang masyarakat Sulawesi Utara melakukan kegiatan positif, konsruktif dan produktif.

Lanjutnya, orang yang berpuasa itu bisa mehanan diri terhadap hal-hal yang halal apalagi pada hal-hal yang haram. “Pastilah kejahatan tidak akan terbersit pada dirinya, sehingga terwujud masyarakat yang aman, nyaman, bersahabat dan damai sesuai dengan moto Sulut: Torang Samua Ciptaan Tuhan,” katanya

Dijelaskan oleh penggagas Komunitas Sains Ustad Rizal Kasim, jamaah komunitas ini telah tersebar pada 9 kabupaten/kota yaitu Manado, Bitung, Kotamobagu, Tomohon, Bolmong, Minahasa, Minut, Minsel dan Kepulauan Talaud, di 83 Mesjid yang ada dengan jumlah jamaah komunitas puasa senin-kamis sebanyak 1400 orang.

“Komunitas ini berdiri sejak 2012 dan Insya Allah akan terus berkembang,” pungkasnya.

Penulis: Pri
Editor: Umi Fadillah
Pubilsh: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password