Cagar Budaya di Solo : Bantuan CSR PT KAI Untuk Kelengkapan Gedung Wayang Orang Sriwedari Surakarta sebagai Warisan Unesco

IMG-20170316-WA0093

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Masyarakat budaya Surakarta khususnya para penikmat pertunjukan Wayang Orang bisa berbahagia. Mereka bisa lebih nyaman untuk menikmati pertunjukan Wayang Orang yang rutin digelar di Gedung Wayang Orang Sriwedari. Pasalnya pada hari Kamis (16/03/2017) pukul 20.00 WIB bertempat di Gedung Wayang Orang Sriwedari Surakarta telah berlangsung pemberian bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT. KAI Persero kepada Pemerintah Kota Surakarta dikhususkan untuk kesenian Gedung Wayang Orang Sriwedari.
Pengamanan kegiatan ini dilaksanakan oleh petugas dari Polsek Laweyan. Dipimpin oleh Kapospol Sriwedari Aiptu Suprayitno bersama 7 anggota yang terdiri dari Unit Sabhara, Unit Intelkam, Pospol Sriwedari, dan Babinkamtibmas Kel. Sriwedari, dibantu 4 Linmas.
Acara yang diikuti oleh lebih kurang 100 orang ini diselenggarakan oleh PT. KAI Persero dengan penanggung jawab Edi Sukmoro Dirut PT. KAI Persero dan dihadiri beberapa tamu penting diantaranya : FX. Hadi Rudyatmo Walikota Surakarta. Edi Sukmoro Dirut PT. KAI Persero, Ir. Budi Yulistianto, M.Si Sekda Kota Surakarta. Hendy Helmi Kepala DAOP 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto HUMAS DAOP 6 Yogyakarta, Jajaran Direksi PT. KAI Persero, SKPD Kota Surakarta.
Dalam sambutannya Edi Sukmoro Dirut PT. KAI Persero menuturkan, “Sebagaimana kita ketahui bahwa wayang merupakan kesenian asli Indonesia yang telah ditetapkan oleh Unesco sebagai Warisan Budaya Dunia. Wayang juga merupakan mahakarya yang tak ternilai harganya. Sebagai wujud sinergitas dengan Kota Surakarta kami serahkan bantuan CSR kepada kesenian Wayang Orang Sriwedari sebagai wujud kepedulian PT. KAI Persero kepada kesenian yang ada di Kota Surakarta. Bantuan tersebut berupa barang senilai 150 juta rupiah.
Kita patut bersyukur dan menjaga warisan budaya kesenian Wayang Orang ini sebagai kesenian Indonesia.”.
Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo yang hadir dan menerima bantuan CSR dari PT. KAI Persero menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Surakarta mengucapkan terima kasih atas bantuan CSR berupa barang senilai 150 juta rupiah untuk kesenian Wayang Orang Sriwedari.
“Kita mendapatkan bantuan CSR berupa barang senilai 150 juta. Nantinya Gedung Wayang Orang kita bangunkan lebih representatif, tentunya pakai pendingin dan juga nantinya untuk tiket masuk juga berbeda dengan sekarang pasti ada tambahan”, pungkasnya.
Setelah rangkaian acara pemberian bantuan CSR dilanjutkan pementasan Wayang Orang. Hingga berakhirnya acara situasi aman dan tertib.
Penulis : Heri Laweyan
Editor : Umi Fadhila
Punlish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password