Penipuan di Kota Tegal : Tipu Calon Jamaah Umrah, Pimpinan Biro Perjalanan Diamankan Polisi

tipu umroh

Tribratanews.polri.go.id, Kota Tegal – Kepolisian Sektor Tegal Timur Polres Tegal Kota Polda Jateng meringkus WP (37), pimpinan sebuah biro perjalanan, yang diduga menipu puluhan calon anggota jamaah umrah. Kamis (16/03/2017).

Kepala Kepolisian Resor Tegal Kota AKBP Semmy R Thabaa melalui Kapolsek Tegal Timur Kompol Syahri mengatakan, penangkapan ini berdasarkan laporan salah seorang korban, H Rosidin dan Hj Darimah warga Kemuren Sidakaton Kabupaten Tegal.

“Tersangka diamankan berdasarkan laporan korban yang batal berangkat ke Tanah Suci setelah menyerahkan sejumlah uang ke biro perjalanan tersebut,” ungkap Kompol Syahri di Mapolsek.

Kompol Syahri menyampaikan, tersangka berjanji memberangkatkan jamaah yang mendaftar lewat  biro perjalanan Nazuuroh Ijabah Utama yang berlokasi di komplek Ruko Sultan Agung Square Kota Tegal, ke Tanah Suci untuk beribadah umrah, namun tidak merealisasikannya.

Sampai sekarang belum diberangkatkan, dan setelah diminta uang pengembalian tersangka yang beralamat di jalan sawo barat Rt 01 Rw 07 Kraton Tegal,  juga tida dapat memenuhi kewajibanya,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, awalnya Korban bersama Istrinya dijanjikan akan diberangkatkan pada bulan Desember 2016 dan sudah membayar uang sebesar Rp 50 juta rupiah kepada pihak biro perjalanan tersebut.

Dirinya menambahkan, jumlah calon jamaah yang terdaftar di biro perjalanan yang dipimpin tersangka dan belum diberangkatkan perbulan Desember 2016 sebanyak 30 orang jamaah.

Untuk barang bukti yang diamankan adalah kuitansi bukti pembayaran dan peryataan kesanggupan tersangka memberangkatkan para calon jamaah. ” Saat ini dalam penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Sementara akibat perbuatannya , pelaku dikenakan pasal 378 KUHPidana dan pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

Penulis : Humas Polres Tegal Kota

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password