Ops Simpatik Semeru 2017 : Bupati Trenggalek Pimpin Apel Besar Pelajar Pelanggar Lalu Lintas di Polres Trenggalek

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Satlantas Polres Trenggalek menggelar Apel Besar Pelajar Pelanggar Lalu lintas di halaman Mapolres Trenggalek, Jumat (17/03). Ratusan pelajar dari jenjang sekolah menengah se-Kabupaten Trenggalek berbaris rapi mengikuti apel akbar ini.

Bertindak sebagai pimpinan apel adalah Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto, M.Sc, sedangkan komandan apel adalah Kanitdikyasa Satlantas Polres Trenggalek, Iptu Agustyo. Hadir pula jajaran Forkopimda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Trenggalek dan Kapolsek jajaran Polres Trenggalek.

Dalam sambutannya Bupati Trenggalek menyampaikan, pelajar adalah kebanggaan orang tua, guru dan masyarakat Trenggalek. Oleh karenanya harus ikut berperan aktif menciptakan ketertiban berlalu lintas. Batasan umur bagi pengendara pada dasarnya merupakan proses pematangan dan kedewasaan. Ujian sesungguhnya bagi pengendara adalah kesabaran itu sendiri.

“Saya yakin dan optimis, bahwa pelajar Trenggalek dengan penuh kesadaran akan menjadi insan yang berguna dan tidak melakukan pelanggaran lalu lintas. Keberhasilan bukan hanya dari aspek intelektual tetapi juga karakter yang bertanggung jawab”, ujar Bupati Trenggalek.

05b99663-29e0-4296-aada-54ff553cb568-e1489736781765
Penandatanganan ikrar oleh perwakilan pelajar dan pejabat Forkopimda Trenggalek

381a00b7-df5e-4ce2-85d5-6d3ad314327d-e1489736771516 7307b8d9-4550-4f72-ae8a-132c9fe156c9-e1489736793146Acara dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar pelajar, disaksikan oleh jajaran Forkopimda dan ditutup pelepasan balon sebagai simbol pelajar Trenggalek tertib berlalu lintas. Sebagai acara tambahan, disuguhkan atraksi safety riding oleh anggota Satlantas Polres Trenggalek dilanjutkan dengan testimoni korban kecelakaan lalu lintas.

Pelepasan balon sebagai simbol agar pelajar semakin bertanggung jawab dan tertib berlalu lintas
Pelepasan balon sebagai simbol agar pelajar semakin bertanggung jawab dan tertib berlalu lintas
Peragaan safety riding oleh anggota Satlantas Polres Trenggalek
Peragaan safety riding oleh anggota Satlantas Polres Trenggalek
Testimoni korban kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar
Testimoni korban kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar

Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman S.I.K, M.Si menuturkan, digelarnya apel besar ini bertujuan untuk menyelamatkan generasi muda di Trenggalek agar tidak ada lagi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas khususnya dari kalangan pelajar.

“Masa depan bangsa bergantung pada generasi muda. Kewajiban kita untuk mendidik dan membangun karakter mereka agar tertib dan taat hukum”, ujar AKBP Donny.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Heru Sudjio, SH menerangkan,  apel besar yang dilaksanakan merupakan rangkaian dari Operasi Simpatik Semeru 2017 yang masih berlangsung hingga tanggal 21 Maret nanti, dimana salah satu targetnya adalah menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Dari data kami, angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas terbesar adalah dari kalangan pelajar. Itulah sebabnya kami lebih concern menyentuh para pelajar. Salah satunya melalui apel besar ini”, jelas AKP Heru.

AKP Heru pun berharap, dengan kegiatan apel besar ini, para pelajar dapat memahami pentingnya tertib berlalu lintas yang berkeselamatan dan terhindar dari segala jenis pelanggaran serta tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

Penulis : Ady

Fotografer : Candra

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password