Berhasil Ungkap Penipuan, Polda Kalteng Berikan Penghargaan 2 Personel Ditreskrimsus

IMG-20170317-WA0012

IMG-20170317-WA0011Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalteng, Tindak Pidana (TP) penipuan yang terjadi dimedia sosial Facebook dengan tersangka berinisial JH (26) berhasil diungkap Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalteng.

Atas keberhasilan ini, Kapolda Kalteng Brigjen Pol. Drs. Anang Revandoko melalui Wakapolda Kombes Pol. Drs. Suroto, M.Si., memberikan apresiasi kepada personel yang telah berhasil mengungkap dan menangkap pelaku tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja keras personel dari Ditreskrimsus AKP Aris Setiyono dan Brigpol Octodes saat mengungkap kasus ini. Kepada personel yang lain jadikan ini sebagai motivasi dalam memerangi sejumlah kasus lainnya,” kata Wakapolda saat Upacara Bulanan di Lapangan Mapolda Kalteng, Jum’at (17/03/2017) pukul 07.00 WIB.

Sementara itu, AKP Aris Setiyono mengatakan, jika kasus tersebut bermula akan adanya laporan dari MH (32). “Dalam laporan ini disebutkan bahwa MH telah menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh JH. Dimana, sebelumnya mereka telah berkenalan melalui Facebook dan JH mengaku seorang anggota Kepolisian berdinas di Medan yang bernama Ayuditya Mahendra XIX DTT,” ungkap Aris Setiyono yang didampingi oleh Octodes.

Bermodalkan laporan tersebut, Aris mengungkapkan, jika aksi penipuan kepada MH ini pun dimulai. “Pelaku ini mengaku ditahan di kantor Polisi karena telah melakukan penganiayaan dan keluarga korban sepakat untuk berdamai dengan uang tebusan Rp.15 juta. Mengetahui hal tersebut, MH pun langsung percaya apa yang menjadi inti permasalah dan menyanggupi untuk mentransfer sejumlah uang yang diminta,” jelasnya.

Lebih lanjut, Aris menerangkan, jika aksinya tersebut berlanjut hingga JH mengatakan bahwa dirinya akan dipecat dari Polres Medan. “Guna mempertahankan karirnya di Kepolisian, JH lantas merayu MH untuk mentransfer uang senilai Rp. 30 juta. Jika ditotal kerugian MH dalam kasus ini mencapai Rp. 86 juta,” bebernya.

JH sendiri berhasil ditangkap Ditreskrimsus Polda Kalteng di Desa Pandu Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau pada tanggal 24 Januari 2017 lalu.

Penulis : Doni Kurniawan

Fotografer : Ucok

Editor : Umi Fadilah

Publish : Doni Kurniawan

 

Admin Polri53285 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password