Maraknya Kasus Pedofilia

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya, Jumat (17/03/2017) pukul 08.00 wib

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid menyayangkan adanya kasus prostitusi anak. Polda Metro Jaya mengungkap adanya praktik prostitusi online jaringan internasional yang melibatkan anak di bawah umur dengan nama Loly Candy’s.

Sodik Mudjahid mengatakan kesiagaan melawan kejahatan dalam bentuk apa pun seharusnya lebih cepat tanggap, lebih kuat, dan lebih cerdas. Termasuk dalam hal kejahatan prostitusi anak. Apalagi saat ini kejahatan mulai meningkat dengan berbagai motif, salah satunya termasuk motif bisnis. Untuk itu, Sodik mengatakan harus ada aksi pencegahan multilevel yang dimulai dari keluarga agar kejadian ini tidak lagi terulang. Dengan cara memperkuat ketahanan dan edukasi pada keluarga, semua ujung tombaknya ada di orang tua.

Selain keluarga, tingkat selanjutnya adalah sekolah. Yaitu dengan cara meningkatkan edukasi dan kewaspadaan dengan melibatkan para pengajar. Selanjutnya adalah tingkat lingkungan sekitar, seperti RT dan RW. Harus ada pencegahan bersama yang dilakukan oleh warga dibantu oleh ketua RT dan petugas keamanan lingkungan lainnya untuk mencegah kejahatan seksual terhadap anak di bawah umur. Terakhir adalah di tingkat masyarakat dan di ruang publik, yang menjadi domain aparat keamanan.

Subdirektorat Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membongkar jaringan pornografi anak melalui grup Facebook yang terhubung dengan sindikat internasional dari sembilan negara. Grup dengan nama official Loly Candy’s Group 18+ ini berdiri sejak September 2016. Grup tersebut beranggotakan 7.497 orang. Anggota mereka bukan hanya WNI, tetapi juga warga negara asing yang memiliki orientasi seksual yang sama. Grup Facebook tersebut dioperasikan oleh empat pelaku. Para pelaku adalah pemilik akun Facebook Snorlax yakni tersangka Wawan (25), tersangka Illu Naya (27) dengan akun Facebook Alicexandria, tersangka SDW (16) dengan akun Facebook Siha Dwiti, dan DF (17) dengan akun Facebook T-Day. Keempatnya sudah ditangkap oleh anggota Polda Metro Jaya.

Penulis : Devianti

Editor : Umi Fadilah

Publish : Devianti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password