BMKG Prakirakan Hujan Lebat Akan Turun di Beberapa Wilayah di Indonesia

27 April 2024 - 13:30 WIB
kompas

Tribratanews.polri.go.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan mayoritas wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat dengan kecepatan 50 milimeter per hari yang disertai kilat dan angin kencang pada hari Sabtu (27/4/24).

Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari Samudra Hindia di barat Sumatera Barat hingga Samudra Hindia di barat Lampung, serta dari Jambi hingga Sumatera Barat.

Daerah konvergensi juga meliputi Sumatera Selatan hingga Bengkulu, dari Laut Jawa hingga Lampung, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Papua Barat hingga Papua Barat Daya, serta dari Papua hingga Papua Tengah dan Papua Selatan. 

Baca Juga: Polisi : Mouser yang Digunakan Berburu Badak Jawa di Ujung Kulon Didapat dari Pasar Gelap

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi di beberapa daerah,” tulis BMKG, dilansir dari beritasatu.

Sejumlah wilayah yang berpotensi hujan, yakni Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung berpotensi mengalami hujan lebat.

Selain itu, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur juga berpotensi diterjang hujan lebat.

Selanjutnya, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua yang turut berpotensi mengalami hujan lebat.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment