Cegah Tawuran, Polda Metro Jaya Gelar Dialog Bersama Kepala Sekolah

18 May 2024 - 23:00 WIB
polda metro

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta.Polda Metro Jaya menggelar dialog Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) pada Jumat (17/5/2024). Kegiatan ini dilakukan untuk membahas pencegahan tawuran yang kerap melibatkan kalangan pelajar.

Pertemuan dipimpin langsung Dirbinmas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Badya Wijaya. Turut hadir di lokasi, Kasubdit Polmas AKBP Jajang Hasan Basri, Kasubdit Bintibsos AKBP Sujanto, hingga para kepala sekolah di lingkungan hukum Polda Metro Jaya.

"Apresiasi atas peran Disdik, Kemenag, para kepala sekolah dan guru dalam membangun bangsa melalui pendidikan," ujarnya. Sabtu (18/5/24).

Dirbinmas Polda Metro Jaya mengatakan, dalam pertemuan tersebut juga dibahas tentang masalah tawuran yang kerap melibatkan pelajar. Karenanya, Polisi mengajak pihak sekolah untuk proaktif mengawasi kegiatan siswa siswinya agar terhindar dari tawuran.

"Masih adanya kasus tawuran melibatkan pelajar tetap menjadi perhatian bersama. Mewaspadai tren pelajar turun pada aksi-aksi demonstrasi," tuturnya.

Pihak sekolah diharapkan terlibat dalam pencegahan tawuran pelajar ini. Dari sejumlah kasus, polisi mengungkap tawuran antar-pelajar banyak dipicu permasalahan pencarian jati diri.

"Sebagian besar penyebab tawuran antar-sekolah dipicu oleh permasalahan jati diri, pencarian harga diri, atau membalas perlakuan dari sekolah lain. Lantaran pelaku tawuran rata-rata tersulut oleh alumni sekolah mereka sendiri," terangnya.

Dirbinmas Polda Metro Jaya berharap agar guru dan polisi membuat sebuah grup untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi, serta melaporkan apabila ditemukan adanya tawuran yang melibatkan murid-muridnya.

"Adakan grup antara polisi wilayah guna bekerja sama serat berkoordinasi dengan guru guru pengajar atau maksimal kepala sekolah. Serta melaporkan kejadian kejadian, termasuk bolos, tawuran, serta tindak tercela yang dilakukan para siswa," ungkapnya.


(mz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment